Membuat Password Rumit Namun Mudah Diingat

Password adalah sesuatu yang sangat penting sehingga harus dibuat sebaik mungkin. Password yang baik adalah password yang rumit dan panjang. Namun jika terlalu rumit maka kemungkinan lupa akan semakin besar. Berikut ini sedikit tips membuat password rumit namun mudah diingat.

Membuat Password Rumit Namun Mudah Diingat



Agar password tidak mudah ditebak sebaiknya menggunakan kombinasi huruf besar, kecil, angka serta simbol. Nama atau tanggal memang password yang paling mudah diingat namun rentan dibobol. Agar lebih rumit maka anda bisa mengacak nama dan tanggal tersebut.

Contohnya seperti ini. Siapkan 3 nama yang paling berkesan dalam kehidupan Anda, misalkan nama mantan kekasih. Sebut saja namanya Bunga, Mawar dan Surti. Buat inisial dari nama mereka dengan awalan huruf besar sehingga menjadi Bn,Mw dan St. Setelah itu gabungkan semua inisial dengan pemisah tanda seru, sehingga menjadi Bn!Mw!St. Agar lebih kuat lagi, tambahkan tahun lahir mantan pertama, misalnya dia lahir tahun 1985 maka password menjadi: Bn!Mw!St1985.



Jika Anda benar-benar pelupa maka bisa mencatat password tersebut di tempat yang aman. Namun jangan mencatat secara langsung melainkan dengan kode yang Anda pahami misalkan “Dia, dia, dia yang pernah mengisi keseruan tahunku”. Jadi arti kode tersebut adalah tiga nama inisial mantan, ditambahi tanda seru dan tahun lahir.

Saat membuat sebuah akun biasanya akan mendapat pertanyaan keamanan, misalkan saja “Siapa nama ibu kandung?”. Sebaiknya jangan menjawab pertanyaan tersebut dengan jujur. Agar lebih aman jawablah dengan berbohong, misalkan mengisi nama nenek, ayah dan sebagainya. Tapi jangan sampai lupa jawaban bohong tersebut 😀

Paling penting jangan memberitahukan password Anda kepada siapapun serta hati-hati dalam login password. Jangan sampai terjebak dalam halaman login palsu.

Semoga Bermanfaat

2 Comments

Leave a Reply

CAPTCHA

*