Memantau Lokasi Keluarga dengan Google Trusted Contact

Sudah sampai mana ya, dari tadi kok tidak datang-datang? Ada kalanya saat menunggu jemputan keluarga atau pacar, Anda merasa jengkel karena tidak ada kepastian posisi penjemput. Banyak aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk berbagi lokasi secara real time dan kini giliran Google merilis aplikasi Trusted Contact. Pada dasarnya aplikasi ini bisa untuk memantau seseorang baik lokasi maupun status aktifitasnya.



Memantau Lokasi Keluarga dengan Google Trusted Contact

Trusted Contact dapat diunduh di Play Store. Setiap pengguna harus menginstall aplikasi Trusted Contact dan saling menambahkan akun Google yang dipergunakan di ponsel tersebut. Ada beberapa fitur yang ditawarkan, yang pertama adalah melihat aktifitas ponsel apakah online atau offline. Anda juga bisa meminta lokasi kontak terpercaya Anda. Permintaan ini bisa ditolak, namun jika didiamkan selama 5 menit maka aplikasi akan otomatis mengirimkan lokasinya kepada Anda.

Selain itu aplikasi ini bisa untuk berbagi lokasi Anda, misalkan saja Anda sedang melewati tempat yang tidak aman atau sedang dalam perjalanan jauh supaya posisi bisa dipantau keluarga. Apabila ponsel offline, baik tidak ada sinyal maupun kehabisan baterai maka posisi terakhir sebelum offline tetap terlihat. Jika dalam keadaan darurat Anda juga bisa langsung mengirimkan alert dan posisi kepada semua kontak terpercaya.

Kelemahannya tentu saja membutuhkan GPS yang terus menyala, sehingga berpotensi menguras baterai ponsel. Apabila GPS mati maka posisi tidak bisa terdeteksi. Pastikan juga hanya menambahkan kontak yang benar-benar bisa dipercaya misalkan saja anggota keluarga atau teman baik. Jangan pernah menambahkan orang asing atau yang baru dikenal.

Semoga Bermanfaat



Leave a Reply

*