Mengecilkan Ukuran File Foto Sampai 80 Persen

Kamera ponsel dapat menghasilkan foto yang cukup bagus dengan resolusi yang tinggi. Namun karena resolusi tinggi menyebabkan ukuran file foto menjadi besar. Jika foto ingin dikirim lewat email atau disimpan secara online tentu akan menyedot banyak data. Berikut ini cara untuk mengecilkan ukuran file foto sampai 80 persen namun dengan ukuran foto yang tetap.

Banyak aplikasi yang tersedia di play store, kali ini saya mencoba aplikasi yang cukup ringan dan tanpa iklan yaitu Photo Compress.  Aplikasi ini mampu untuk compress,  resize serta crop foto.



Photo Compress

Anda bisa mempergunakan foto yang ada di galeri maupun kamera. Setelah itu pilih Compress Image –  Compress. Set ukuran ke 35, semakin kecil maka ukuran file tambah kecil. Namun gambar akan buruk jika terlalu kecil. Setelah itu tekan Compress untuk mengecilkan ukuran foto.



Akan terlihat perbandingan ukuran awal dan setelah di compress. Misalnya saja disini ukuran asli 2, 10 MB dikompress menjadi 340KB. Cukup kecil dan kualitasnya juga masih baik. Foto sebelah kiri sebelum dikompress, sebelah kanan setelah dikompress.

Hasil Photo Compress

Apabila ingin compress banyak file maka bisa lewat menu di bagian depan kemudian pilih “Compress and resize multiple photos”.

Semoga Bermanfaat

4 Comments

Leave a Reply

CAPTCHA

*