Agar Laptop Kamu Aman Saat Ditinggal Pergi

Laptop mempermudah pengguna dalam bekerja karena bisa dibawa kemana-mana. Namun karena mudah dibawa menyebabkan rentan terhadap pencurian. Misalnya saja pencurian di tempat kos, yang disasar biasanya adalah laptop karena mudah dijual dan banyak peminatnya. Agar laptop kamu aman dari pencurian maka kamu bisa mempergunakan tips berikut ini.

Sebagian besar laptop sebenarnya sudah mempunyai fitur keamanan, yaitu dengan adanya sebuah lubang pengunci. Pernahkah kamu memperhatikan lubang tadi? Lubang ini biasanya ditandai dengan logo kunci dan huruf K. Huruf K mempunyai arti Kensington Lock dimana berfungsi untuk menambatkan kawat pengaman sehingga orang lain tidak bisa mengambil laptop tersebut.



Agar Laptop Kamu Aman Saat Ditinggal Pergi

Saat ini kebanyakan laptop mempunyai lubang Kensington.

Cara penggunaannya ujung kabel ditambatkan di tempat yang kokoh dan susah untuk ditarik misalnya saja kaki meja, lubang meja, jeruji jendela dan sebagainya. Sedangkan ujung lainnya dikunci ke dalam lubang laptop. Sistem pengunciannya ada yang memakai kombinasi angka, ada pula yang memakai kunci biasa.

Kensington Lock

Penggunaan Kensington Lock. Foto diambil dari website Kensington.

Selain dapat dipergunakan di laptop, dapat juga digunakan di monitor, proyektor dan sejenisnya yang menyediakan lubang Kensington. Contohnya seperti di pameran komputer, biasanya ada kabel di laptop atau proyektor yang dipajang, itulah Kensington Lock.



Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

CAPTCHA

*