Rekam Video dengan Mic Eksternal di Ponsel Android

Jika Anda suka membuat video yang disertai dengan obrolan suara atau video log maka dua aplikasi ini bisa membantu dalam berkarya. Merekam video dalam kondisi bising mengakibatkan suara si pembawa acara tidak begitu jelas terdengar, oleh karena itu membutuhkan mic eksternal agar suara menjadi lebih bagus. Aplikasi kamera bawaan dari ponsel biasanya tidak mendukung penggunaan microfone eksternal, sehingga Anda membutuhkan aplikasi lain. Berikut ini cara rekam video dengan mic eksternal di ponsel android.

Rekam Video dengan Mic Eksternal di Ponsel Android



Cinema FV-5

Untuk mengaktifkan microfone eksternal caranya dengan masuk ke setting – pilih icon audio – tekan Audio Source – pilih External Mic.

Rekam Video dengan Mic Eksternal di Ponsel Android



Cinema FV-5 tersedia versi lite dan berbayar. Untuk versi gratisnya terdapat pembatasan yaitu hanya bisa merekam sampai 720p serta ada limit dalam setiap durasi rekaman. Versi berbayar dapat menggunakan kamera depan namun tidak bisa menggunakan mic eksternal. Sehingga mic external hanya bisa digunakan dengan kamera belakang saja.

Open Cam

Untuk mengaktifkan microfone eksternal silakan masuk ke Setting – Video Settings – Audio Source – External Mic (if present).

Rekam Video dengan Mic Eksternal di Ponsel Android

Open Cam dapat mempergunakan kamera depan maupun belakang dengan mic eksternal, namun pengaturan videonya tidak selengkap di Cinema FV-5.

Mic eksternal dapat mempergunakan mic dari earphone. Apabila ingin kualitas yang lebih baik maka bisa memakai mic clip on/lavalier. Selain itu bisa juga mempergunakan bluetooth mic.

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

CAPTCHA

*