Bikin Vlog Cuma Pakai Ponsel

Saat ini sedang ngetren video log atau disingkat vlog di Youtube. Banyak sekali tema yang bisa ditampilkan dalam vlog. Membuat review atau sekedar cuap-cuap tidak jelas 😀 Untuk membuat vlog tidak harus mempergunakan kamera yang mahal. Bisa hanya memakai ponsel dari proses pengambilan gambar, editing  sampai dengan upload ke Youtube. Berikut ini sedikit tips bikin vlog cuma pakai ponsel.

Bikin Vlog Cuma Pakai Ponsel



Gunakan kamera ponsel yang dapat menghasilkan video yang bagus dan mempunyai resolusi tinggi (HD/4K) serta mendukung autofokus. Agar hasil gambar tidak buram maka sebaiknya mengambil gambar di tempat yang terang atau dengan bantuan lampu jika kondisinya gelap. Kalau tidak punya lampu video maka bisa memakai lampu emergency ataupun petromak. Yang penting hasilnya bagus karena tidak akan ada yang tanya bagaimana proses pengambilan video maupun alat yang dipakai.

Merekam suara langsung dr mic ponsel hasilnya kurang begitu bagus, serta banyak noise dari luar terutama saat merekam di tempat gaduh. Maka sebaiknya siapkan mic eksternal untuk merekam audio. Jika tidak ada maka bisa mempergunakan mic pada earphone. Aplikasi kamera bawaan ponsel android biasanya tidak bisa merekam suara dari mic eksternal. Oleh karena itu harus mempergunakan aplikasi lain seperti Open Camera atau Cinema FV-5. Ubah setting audio di aplikasi tersebut untuk mempergunakan mic ekternal.



tampilan-cinema-fv-5

Tampilan aplikasi Cinema FV-5

Agar lebih stabil dan tidak goyang, maka sebaiknya menggunakan tripod, monopod ataupun tongsis. Video yang terlalu goyang membuat penonton tidak nyaman melihatnya. Pastikan juga ruang kosong memori ponsel atau micro sd sanggup menampung video yang akan diambil.

Setelah selesai mengambil gambar maka proses selanjutnya adalah editing. Untuk mengedit video di ponsel android dapat mempergunakan beragam aplikasi seperti Power Director ataupun Kine Master. Narasi bisa juga ditambahkan saat editing atau disebut voice over. Aplikasi editing di ponsel mungkin tidak selengkap di komputer, namun cukup lumayan untuk mengedit sederhana seperti menata video, efek transisi, menambahkan teks serta voice over.

tampilan aplikasi power director

Tampilan aplikasi Power Director

Setelah selesai maka dapat diupload ke Youtube secara langsung dari aplikasi editing tersebut maupun lewat aplikasi Youtube. Berikut ini contoh video yang diambil menggunakan ponsel dan diedit menggunakan Power Director.

Agar video bisa dinikmati penonton maka sebaiknya menggunakan alur cerita. Catatlah terlebih dahulu apa saja yang akan diambil videonya dan bagaimana urutannya, supaya lebih mudah menatanya dalam proses editing. Video yang laris tidak harus selalu rumit pengerjaannya, buatlah video yang sederhana namun membuat orang lain tertarik untuk melihatnya. Selain itu jagalah keselamatan, jangan membuat vlog yang membahayakan diri sendiri maupun orang sekitar.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

CAPTCHA

*