Review Microfone Lavalier Boya BY-M1

Boya BY-M1 merupakan microfone lavalier atau bisa juga disebut mic clipon/mic jepit namun bukan wireless, melainkan masih menggunakan kabel. Harga mic ini sekitaran 170-200rban dan dapat dipergunakan di dslr maupun smartphone. Berikut ini sedikit review microfone lavalier Boya BY-M1.

Review Microfone Lavalier Boya BY-M1



Dalam paket pembelian mendapatkan microfone, jepitan, busa untuk penahan angin, colokan besar, power adapter, baterai serta petunjuk manual. Agar mic dapat dipergunakan di kamera dslr maka baterai harus dipasang di bagian power adapter yang bentuknya mirip tabung. Di power adapter terdapat tombol dengan fungsi untuk memilih apakah akan menggunakan camera ataukah smartphone. Jika memakai smartphone maka tombol diset ke bagian bawah, demikian pula sebaliknya.

Namun tidak semua smartphone bisa dicolok dengan microphone ini. Ada beberapa ponsel yang tidak bisa mengenali. Apabila ponsel tidak mau mengenali maka bisa diakali dengan menambahkan kabel spliter TRRS dimana bagian warna merah dicolok mic dan warna hijau dicolok earphone. Apabila masih belum berfungsi, silakan ubah tombol di power adapter ke arah “camera”.



Selain mendapat busa penahan angin, dalam paket pembelian juga ada penjepit. Untuk memasang penjepit ini agak susah-susah gampang karena harus ditekan dengan keras ke bagian bawah mic.

Contoh rekaman menggunakan Boya BY-M1 dan dslr.

Suara yang dihasilkan lumayan bagus dan peka terutama jika merekam dengan dslr. Suara gaduh yang ada disekitar juga bisa diredam dengan baik. Secara keseluruhan mic ini lumayan bagus dengan harga yang cukup murah. Namun kualitasnya jangan dibandingkan dengan microfone yang harganya jutaan 😀

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

CAPTCHA

*