Mengecilkan Ukuran Video di Android Hingga 1MB

Kualitas rekaman video yang dihasilkan ponsel saat ini sudah sangat baik. Video sangat jernih dan berkualitas HD. Namun tentu saja ukuran file yang dihasilkan menjadi besar, bahkan bisa mencapai ukuran giga jika durasinya lama. Agar video ukurannya kecil maka bisa mengubah setting kamera agar tidak merekam dalam format HD. Apabila sudah terlanjur maka Anda bisa mempergunakan beragam converter yang ada di Play Store untuk mengecilkan ukuran video. Ukuran video yang kecil lebih memudahkan dalam mengirim via email/aplikasi chat maupun upload ke sosial media.

Mengecilkan Ukuran Video di Android Hingga 1MB



Salah satu aplikasi yang cukup bagus dalam mengecilkan video adalah Video Compressor. Tampilan aplikasi ini sederhana dan simpel namun kelebihannya pengguna dapat memilih berapa MB ukuran video setelah dikecilkan. Video Compressor dapat didownload di Play Store, setelah terinstall buka aplikasi, tekan “Add Video”, pilih video yang akan dikecilkan serta di bagian paling bawah masukkan ukuran video yang dikehendaki. Jika 5 MB maka masukkan angka 5. Ukuran maksimal paling kecil adalah 1 MB.

Mengecilkan Ukuran Video di Android Hingga 1MB



Setelah itu tekan “Compress” maka aplikasi mulai mengecilkan ukuran video. Lama proses tergantung dari besarnya ukuran video serta spesifikasi ponsel yang digunakan. Setelah selesai hasil video bisa dilihat di folder VideoCompressor dalam SD Card.

Mengecilkan Ukuran Video di Android Hingga 1MB

Video HD sebesar 99MB dapat dikecilkan menjadi 4,75MB dengan resolusi akhir 640×360. Kualitas video tidak pecah dan dapat ditonton dengan baik. Ukuran video sebenarnya dapat dikecilkan maksimal menjadi 1MB. Namun apabila durasinya panjang maka hasil video akan pecah. Untuk hasil yang bagus sebaiknya diset sekitar 10-20 persen dari ukuran asli.

Semoga Bermanfaat

2 Comments

Leave a Reply

*