Potensiometer Volume Sederhana Untuk Video Shooting

Merekam audio langsung dengan microfone kamera hasilnya kurang begitu bagus, karena banyak suara yang akan masuk. Agar suara lebih jernih maka bisa merekam audio yang keluar dari mixer audio. Namun terkadang volume yang dihasilkan mixer sangat besar. Untuk mengecilkan volume tersebut dapat menggunakan potensiometer. Berikut ini cara merakit potensiometer volume sederhana untuk video shooting.

Potensiometer Volume Sederhana Untuk Video Shooting



Bahan yang dibutuhkan untuk membuat potensiometer volume sederhana yaitu:

  • Potensiometer 100K Ohm,
  • Female RCA,
  • Jack audio 3.5 mm,
  • Kabel stereo,
  • Solder dan tenol.

membuat-potensiometer-volume-sederhana

Cara merangkainya tidak begitu sulit. Ground disatukan di kaki pertama dan disambung kaki depan dan belakang. Input ditempatkan di kaki kedua dan output di kaki ketiga.

Dari mixer ke input potensiometer bisa mempergunakan kabel rca biasa. Kemudian output potensiometer masuk ke kamera atau laptop. Apabila suara yang masuk terlalu besar maka bisa dikecilkan dengan potensiometer tersebut. Hasil audio rakitan potensiometer dapat dilihat di video ini, namun untuk suara pembawa acara langsung dari audio kamera.

Selain dapat langsung masuk ke kamera maka dapat juga direkam melalui laptop. Namun sebaiknya direkam lewat laptop agar mempunyai backup audio dari kamera. Alternatif lain dapat juga direkam dengan ponsel dengan tambahan jack TRRS, namun hasilnya hanya mono saja.



Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

*