Jalan-Jalan Bersama Si Kecil Berkeliling Yogyakarta

Jalan-jalan bersama keluarga tentu sangat menyenangkan, terutama bila mengajak si kecil ikut serta. Namun seringkali si kecil rewel selama berwisata. Salah satu penyebabnya adalah karena dia tidak bisa menikmati lokasi wisata tersebut. Agar si kecil lebih ceria maka bisa memilih tempat wisata yang menyenangkan untuk anak. Berikut ini ada sedikit tips berwisata di Yogyakarta dengan si kecil.

Museum Dirgantara Mandala

Setelah mendarat di bandara Adisucipto, Yogyakarta, anda bisa langsung menuju ke tempat wisata yang pertama yaitu Museum Dirgantara Mandala. Lokasi museum tidak jauh dari bandara karena berada di Kompleks Pangkalan TNI AU Adisutjipto Yogyakarta.

Jalan-Jalan Bersama Si Kecil Berkeliling Yogyakarta

Museum ini menyimpan 43 pesawat terbang yang pernah mengangkasa menjaga dirgantara Indonesia. Tidak hanya pesawat terbang, namun juga terdapat alutsista berupa radar, peluru kendali, roket dan berbagai macam kelengkapannya. Melihat beragam alutsista tentu menyenangkan buat anak-anak dan meningkatkan rasa cinta dengan dunia dirgantara.

Museum Dirgantara Mandala buka setiap hari pukul pukul 08.30-16.00 WIB dengan tiket Rp.4000,- per orang dan Rp.3000,- untuk rombongan.

Kebun Binatang Gembira Loka

Setelah puas melihat pesawat, perjalanan selanjutnya adalah berkenalan dengan beragam binatang di kebun binatang Gembira Loka. Dari Museum Dirgantara Mandala, perjalanan hanya sekitar 10 menit saja.

pinguin-afrika-glzoo

Suasana kebun binatang ini begitu sejuk dan rindang, sangat cocok untuk berjalan-jalan sekaligus belajar mengenai berbagai macam binatang. Ada gajah, orang utan, unta, harimau, kura-kura, kuda nil, komodo bahkan pinguin afrika. Selain itu si kecil bisa bermain di kolam ikan, berkeliling dengan kereta mini, naik kapal, atv, bahkan bisa naik gajah dan unta. Terdapat pula pertunjukan trampil satwa dan ikut memberikan makan kepada satwa.

Kebun Binatang Gembiraloka buka setiap hari pukul 07.30 – 17.30 Wib, dengan harga tiket mulai Rp.25.000,-.

Taman Pintar

Ada sebuah harpa yang tidak mempunyai dawai/senar. Namun saat tangan menyentuhnya maka akan keluar suara berdenting. Jreeeng. Wah, bagaimana bisa bunyi ya?

harpa-tanpa-dawai-taman-pintar

Saat memegang sebuah panel di Generator Van De Graaf, tiba-tiba rambut berdiri sendiri. Kenapa bisa begitu ya? Beragam ilmu pengetahuan bisa si kecil dapatkan di Taman Pintar Yogyakarta.

generator-van-de-graaf-taman-pintar

Taman Pintar dibagi dalam beberapa wahana, seperti Gedung Oval, Gedung Kotak, Planetarium, Gedung PAUD dan Kampung Kerajinan. Si kecil bisa belajar tentang sejarah dinosaurus, beragam ilmu pengetahuan populer, simulasi gempa bumi, anti korupsi, gamelan, planet dsb.

Taman Pintar berlokasi tidak jauh dari titik 0 Yogyakarta, buka setiap hari Selasa sampai Minggu pukul 8.30 -16.00. Tutup hari Senin, kecuali hari libur nasional. Harga tiketnya: anak-anak Rp.10.000,- dan dewasa Rp.18.000,-.

Benteng Vredeburg

Tidak afdol rasanya jika ke Yogyakarta namun tidak berfoto di Tugu Yogyakarta. Namun berfoto di Tugu Pal Putih agak berbahaya karena lalu lintas yang padat. Alternatifnya Anda bisa berfoto di replika Tugu yang berada di Benteng Vredeburg. Si kecil bisa ikut berfoto ria dengan aman.

replika-tugu-di-benteng-vredeburg

Benteng Vredeburg buka setiap hari Selasa – Minggu pukul 07.30 – 16.00 WIB. Tiket anak-anak Rp.1000,- dan dewasa Rp.2000,-.

Mobil Lampu Alun-Alun Selatan

Petang harinya Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Alun-Alun Selatan. Mengayuh mobil hias yang penuh lampu warna-warni, sambil menikmati hangatnya jagung bakar dan ronde yang banyak dijual sepanjang sisi timur Alun-Alun Selatan.

mobil-hias-di-alun-alun-selatan

Wah, ternyata lupa belum pesan hotel. Saat ini banyak situs yang menyediakan pemesanan hotel secara online, namun untuk mengetahui harga termurah maka harus membandingkan satu persatu. Agar lebih mudah, cepat dan praktis dalam mencari harga yang tepat, maka   pilihan terbaik jatuh ke Wego. Anda bisa membandingkan harga hotel dan tiket pesawat dari ratusan website dalam satu klik di ponsel Anda.

wego-1

Untuk mempergunakan Wego caranya sangat mudah. Buka wego.co.id atau install aplikasinya di ponsel Anda. Pilih tab “Cari Hotel”, masukkan lokasi, tanggal, jumlah kamar dan tamu kemudian tekan “Cari”.

wego-2

Langsung muncul list hotel di lokasi tersebut. Anda bisa menyaring hasil pencarian, misalnya harga terendah ataupun ulasan terbaik. Wego juga menyediakan fitur ulasan, sehingga bisa diketahui bagaimana kualitas hotel yang akan dipesan.

wego-3

Hotel sudah didapatkan, saatnya untuk istirahat. Sebaiknya tidak usah terlalu larut, agar si kecil bisa beristirahat cukup untuk perjalanan hari berikutnya.

Hari Kedua

Wisata hari kedua telah tiba. Berenang tentu menyenangkan buat si kecil. Ada beragam pilihan untuk menghabiskan hari dengan bermain air.

Kids Fun

Pilihan pertama adalah Kids Fun yang berada di jalan Wonosari, Yogyakarta. Selain berenang di Aqua Splash, terdapat pula wahana taman bermain seperti Aqua Bike, Bumper Car, Flying Fox, Jurrasic Park, Kereta Ulat, Wall Climbing dan Gokart. Untuk Aqua Splash buka setiap hari pukul 07.00 WIB – 18.00 WIB dengan harga tiket Rp.25.000,-.

aqua-splash-kids-fun

Jogja Bay Waterpark

Tak kalah seru adalah Jogja Bay Waterpark yang terletak di daerah Maguwoharjo, Depok, Sleman. Waterpark seluas 7 hektar ini menyediakan berbagai wahana air untuk dewasa maupun anak-anak dengan tema Bajak Laut. Jogja Bay Waterpark buka setiap hari pukul 09.00 -18.00 WIB dengan tiket mulai Rp.60.000,-.

jogja-bay-waterpark

Pantai Parangtritis

Belum puas main air? Anda bisa melanjutkan perjalanan ke pantai Parangtritis yang berlokasi kurang lebih 1 jam dari kota Yogyakarta. Si kecil bisa naik Andong maupun main layangan di pantai Parangtritis.

pantai-parangtritis

Pantai Glagah

Alternatif lain bisa ke pantai Glagah di Kulon Progo. Salah satu kekhasan pantai ini adalah adanya tetrapod atau pemecah ombak di bibir pantai. Selain itu pengunjung dapat menyewa kapal untuk mengelilingi laguna yang berada di dekat pantai. Jika si kecil ingin berenang maka bisa berenang dengan aman di kios yang menyediakan kolam renang mini. Penjual kelomang (pong-pongan) warna-warni juga banyak dijumpai di pantai ini.

kapal-di-laguna-glagah

Taman Pelangi

Kalau masih ada waktu Anda bisa berkunjung ke Taman Pelangi yang berada di kompleks Museum Jogja Kembali, Ringroad Utara, Yogyakarta. Taman ini berisi lampion dengan berbagai macam bentuk, seperti pelangi, ikan, bunga bahkan icon Tugu Jogja. Taman Pelangi buka mulai pukul 17.00 – 23.00 WIB, dengan tiket masuk Rp.10.000 (Senin – Jumat) dan Rp 15.000 (Sabtu – Minggu).

taman-pelangi-museum-jogja-kembali

Setelah puas berwisata, saatnya untuk pulang. Untuk mencari tiket pesawat dengan harga yang pas di kantong maka pilihan kembali jatuh pada Wego. Untuk memesan tiket pesawat di Wego caranya sangat simpel. Buka wego.co.id, di bagian “Cari Tiket”, masukkan asal dan kota tujuan, klik “Cari”,  maka dengan cepat akan menampilkan harga tiket pesawat yang dikehendaki. Sangat menghemat waktu karena tidak perlu lagi mengecek satu persatu di situs perjalanan wisata.

wego-4

Sebenarnya masih banyak lagi obyek wisata di Yogyakarta yang ramah untuk anak. Kelanjutannya akan saya posting di lain kesempatan.

Semoga Bermanfaat

2 Comments

Leave a Reply

CAPTCHA

*