Kelebihan Google Allo Dibanding Aplikasi Chat Lain

Aplikasi chat apa yang sering Anda gunakan dan favoritkan? Apakah Whatsapp, BBM, Facebook Messenger, atau jangan-jangan masih memakai mIrc 😀 Untuk semakin memperiuh dunia perchattingan, Google merilis aplikasi chat yang bernama Allo. Apa sih kelebihan Google Allo dibanding aplikasi chat lain?

Google Allo pada dasarnya hampir sama dengan aplikasi chat lain. Pendaftaran Google Allo menggunakan nomor ponsel, dan kontak yang sudah memakai Allo akan otomatis menjadi kontak Anda. Fitur chat yang disediakan antara lain bisa berkirim foto, emoji, stiker serta bercengkrama dalam group chat. Google Allo juga menyediakan chat dengan mode penyamaran atau incognito. Jadi bisa diset berapa lama teks chat Anda akan hilang sendiri. Dimungkinkan juga untuk berkirim chat kepada kontak yang belum menginstall Allo.



Kelebihan Google Allo Dibanding Aplikasi Chat Lain

Fitur diatas sudah lumrah ada di aplikasi chat lain. Yang menjadi kelebihan Google Allo adalah adanya Google Assistant yang bisa menjawab pertanyaan Anda. Anda bisa bertanya mengenai cuaca, jam, terjemahan, peta, pom bensin, rumah makan dan sebagainya. Google Assistant juga bisa dimasukkan dalam sebuah percakapan dengan menambahkan @google dalam sebuah chat, misal @google cuaca sore ini. Maka akan muncul perkiraan cuaca di chat tersebut. Saat ini Google Assistant baru bisa berbahasa Inggris, namun saat ditanya dengan bahasa Indonesia masih bisa nyambung jawabannya 😀



Selain itu Google Allo juga menyediakan saran jawaban dari chat yang Anda terima. Di bagian bawah chat terdapat balon-balon berisi saran teks yang bisa Anda gunakan.

Berbicara mengenai bot pintar, sebenarnya ini bukanlah hal baru. Jaman Jabber dahulu banyak bot pintar yang dipergunakan, dimana bisa membantu menjawab berbagai pertanyaan ataupun untuk membantu mengelola group chat. Namun tampilannya hanya sekedar teks saja dan belum bisa kompleks seperti yang ada di Google Allo ini.

Apakah aplikasi chat ini bisa ngehits? Bisa iya, bisa juga tidak, karena pasar susah ditebak dan persaingan semakin ketat. Kadang bisa sangat terkenal, namun bisa tiba-tiba jatuh tidak terdengar kabarnya lagi.

Semoga Bermanfaat

4 Comments

Leave a Reply

CAPTCHA

*