Mencoba Modem 4G Alcatel L100V

Belakangan ini operator selular di Indonesia banyak yang mengadakan promo kuota. Namun rata-rata promo yang dihadirkan untuk jaringan 4G. Kalau lebih banyak menggunakan internet di laptop/pc tentu saja lebih enak memakai modem/mifi. Kali ini saya akan mencoba modem 4g Alcatel L100V yang dibandrol sekitar 300rban.

Mencoba Modem 4G Alcatel L100V 1



Ukuran modem ini lumayan besar yaitu 95X34X14mm. Modem yang saya dapatkan mempunyai logo Optimus Kanguru. Alcatel L100V mendukung frekuensi 1800MHz sehingga bisa dipakai operator seperti Telkomsel, Xl, Indosat dan Tri. Tidak bisa dipergunakan untuk Smartfren dan Bolt karena kedua operator ini berjalan di frekuensi 850 dan 2300MHz.

Mencoba Modem 4G Alcatel L100V 3



Pada saat dicolok di pc dengan Windows 10, autorun ternyata tidak jalan, sehingga harus menginstall lewat File Explorer. Pilih drive kanguru kemudian klik file autorun.

Mencoba Modem 4G Alcatel L100V 6

Tampilan softwarenya minimalis. Untuk membuat APN baru silakan masuk ke “Configuration” – “Connection Profile” – “Add”. Setelah itu pencet tombol bulat yang berada di samping kiri “Configuration”. Koneksi internet akan tersambung. Software bawaan ini sayangnya tidak bisa dial dan sms.

Mencoba Modem 4G Alcatel L100V 7

Saat digunakan dalam kurun waktu lama, Alcatel L100V tidak panas, cuma terasa hangat saja. Koneksi juga cukup stabil, belum pernah terputus sendiri. Kalau masalah kecepatan internet tergantung dari operator dan posisi juga. Saat dicoba dengan 4G Indosat hasilnya seperti dibawah ini.

Mencoba Modem 4G Alcatel L100V 5

Modem Alcatel L100V dapat dipasangkan dengan router TPLink MR3020. Tinggal colok maka akan otomatis berjalan tanpa perlu setting lebih lanjut. Jika dicolok tidak bisa silakan update firmware router TPLink Anda terlebih dahulu.

Mencoba Modem 4G Alcatel L100V 2

Kalau suka gonta ganti kartu tampaknya akan sedikit susah, karena slot sim menjorok ke dalam. Kemungkinan nyangkut juga besar apabila memakai micro sim dengan adapter mini sim yang agak kendor.

Baca Juga:

Modem Alcatel L100V lumayan bagus dan dapat dipasang di router dengan mudah. Kelemahannya bentuknya lumayan besar, slot kartu yang menjorok serta software bawaan yang fiturnya terbatas.

Semoga Bermanfaat

4 Comments

Leave a Reply

*