Agar Thumbnail Berubah Otomatis Saat Ganti Themes WordPress


Ganti themes merupakan salah satu cara agar tampilan blog tidak membosankan. Namun dengan mengganti themes maka banyak settingan yang harus dirubah. Salah satunya adalah thumbnail atau gambar preview. Kadang thumbnail menjadi tidak pas karena themes diganti. Cara mengatasinya adalah dengan install plugin untuk membuat kembali thumbnail (regenerate thumbnail) dengan ukuran pas. Bagaimanakah caranya agar thumbnail berubah otomatis saat ganti themes WordPress?

Agar Thumbnail Berubah Otomatis Saat Ganti Themes WordPress

Untuk merubah ukuran thumbnail biasanya harus regenerate ulang seluruh gambar terlebih dahulu. Sehingga membutuhkan waktu yang lama apabila banyak gambar di dalam blog. Jika Anda ingin otomatis berubah tanpa perlu regenerate semua file gambar, caranya dengan menggunakan plugin OTF Regenerate Thumbnails. Plugin ini akan merubah ukuran gambar agar sesuai themes pada saat halaman dipergunakan. Jadi tidak langsung regenerate semua thumbnail, melainkan hanya yang tampil saja.



Agar Thumbnail Berubah Otomatis Saat Ganti Themes WordPress

Plugin OTF Regenerate Thumbnails dapat di download melalui menu Plugins. Ada peringatan kalau plugin ini belum dites dengan WordPress terbaru. Namun saat dicoba bisa berjalan lancar. Cara penggunaannya, silakan install plugin OTF Regenerate Thumbnails, kemudian aktifkan, maka otomatis akan merubah thumbnail sesuai ukuran themes.

Sisi negatif regenerate thumbnail adalah semakin banyak file gambar di dalam hosting, sehingga menyebabkan space cepat penuh. Dahulu pernah memakai plugin yang bisa menghapus thumbnail lama yang tidak terpakai, namun malah banyak file gambar di postingan eror 😀

Semoga Bermanfaat



7 Comments

  1. mita

Leave a Reply