Tanggal Pembayaran Adsense

Salah satu cara untuk mendapat recehan melalui internet adalah dengan Google Adsense. Bisa dengan memasang Adsense di blog maupun di Youtube. Penghasilan dari Adsense akan dibayarkan perbulan apabila sudah mendapat minimal $100. Setiap ganti bulan akan dihitung pendapatan bulan sebelumnya. Tapi kapan ya tanggal pembayaran Adsense?

Tanggal pembayaran Adsense

Tanggal Pembayaran Adsense

Pada dasarnya pembayaran dilakukan antara tanggal 21 – 26 tiap bulannya. Detilnya sebagai berikut, diolah dari halaman bantuan Google Adsense.



  • Taksiran penghasilan untuk bulan sebelumnya akan ditampilkan setiap tanggal 3. Namun kadang tanggal 1 atau 2 sudah muncul.
  • Kalau ingin merubah informasi pembayaran maka harus dirubah sebelum tanggal 20. Misal alamat KTP ganti maka bisa dirubah dahulu sebelum tanggal 20.
  • Adsense dibayarkan tanggal 21 atau hari kerja pertama setelah tanggal 21. Jika tanggal 21 jatuh pada akhir pekan atau hari libur, pembayaran dikeluarkan pada hari kerja pertama setelah tanggal 21 bulan tersebut. Di “Riwayat Pembayaran” akan ada “Pembayaran sedang berjalan”. Namun jangan khawatir jika ada tulisan “Automatic Payment Pending”. Artinya pembayaran masih dalam proses.
  • Jika memakai Western Union Quick Cash, setelah mendapat nomor “MTCN” maka pembayaran bisa langsung diambil. Pembayaran harus diambil dalam waktu 60 hari dari tanggal dikeluarkan, jika tidak diambil maka akan masuk kembali ke akun AdSense Anda.
  • Jika memakai Transfer Kawat pembayaran akan masuk ke rekening Anda dalam 15 hari.
  • Jika memakai Transfer Dana Elektornik (EFT) pembayaran dilakukan dalam 7 hari kerja.

Saya belum pernah mencoba yang lewat transfer bank. karena biasanya memakai Western Union. Setiap ada pembayaran akan ada email masuk dan bisa langsung diambil. Kadang cair pas tanggal 21, kadang bisa sampai tanggal 24 baru cair. Mengenai cara mengambil Western Union sudah pernah saya tulis disini – Cara Mencairkan Adsense Lewat Western Union di Kantor Pos.

Semoga Bermanfaat



6 Comments

Leave a Reply

*