Membuat Stop Motion di Adobe Premiere Pro CC

Menurut Wikipedia Stop Motion adalah adalah sebuah teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak dengan sendirinya. Objek tersebut digerakan sedikit demi sedikit di setiap frame yang akan difoto, menciptakan ilusi pergerakan saat serangkaian frame tersebut dimainkan secara berurutan berkelanjutan. Salah satu aplikasi yang bisa dipergunakan untuk merangkai foto-foto tersebut menjadi sebuah video adalah dengan Adobe Premiere Pro CC. Caranya juga tidak rumit, berikut ini cara membuat Stop Motion di Adobe Premiere Pro CC.

Membuat Stop Motion di Adobe Premiere Pro CC

  • Jika video yang akan dibuat settingnya adalah 25fps, maka Anda bisa membuat 25 foto untuk satu detik adegan. Jika dirasa terlalu banyak, maka bisa membuat setengahnya yaitu 13 foto per detik.
  • Setelah foto siap silakan masuk ke Adobe Premiere Pro CC. Kemudian buka menu “Edit” – “Preferences” – “General”. Di bagian “Still Image Default Duration” silakan masukkan angka 2. Ini berarti tiap frame diisi 2 foto atau dalam 1 detik sekitar 13 foto. Bisa juga diisi angka 1 dimana berarti butuh 25 foto dalam 1 detik. Kemudian seret semua foto kedalam timeline.

Membuat Stop Motion di Adobe Premiere Pro CC 1



  • Jika gerakan terlalu cepat atau lambat maka Anda bisa mengubahnya dengan cara sebagai berikut. Tekan huruf”B” di keyboard, maka cursor akan menjadi “Ripple Edit Tool”. Pilih semua foto yang akan dirubah dengan Ripple Edit, kemudian posisikan kursor di depan foto dan tarik ke kanan atau kiri untuk mengecilkan/membesarkan semua foto bersamaan. Semoga tidak bingung 😀

Membuat Stop Motion di Adobe Premiere Pro CC 2

Yang jelas membuat stop motion membutuhkan kesabaran ekstra, karena lebih rumit daripada merekam obyek menggunakan kamera video.



Semoga Bermanfaat

4 Comments

Leave a Reply

*