Connect with us

Video

Membuat Stop Motion di Adobe Premiere Pro CC

Published

on

Menurut Wikipedia Stop Motion adalah adalah sebuah teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak dengan sendirinya. Objek tersebut digerakan sedikit demi sedikit di setiap frame yang akan difoto, menciptakan ilusi pergerakan saat serangkaian frame tersebut dimainkan secara berurutan berkelanjutan. Salah satu aplikasi yang bisa dipergunakan untuk merangkai foto-foto tersebut menjadi sebuah video adalah dengan Adobe Premiere Pro CC. Caranya juga tidak rumit, berikut ini cara membuat Stop Motion di Adobe Premiere Pro CC.

Membuat Stop Motion di Adobe Premiere Pro CC

  • Jika video yang akan dibuat settingnya adalah 25fps, maka Anda bisa membuat 25 foto untuk satu detik adegan. Jika dirasa terlalu banyak, maka bisa membuat setengahnya yaitu 13 foto per detik.
  • Setelah foto siap silakan masuk ke Adobe Premiere Pro CC. Kemudian buka menu “Edit” – “Preferences” – “General”. Di bagian “Still Image Default Duration” silakan masukkan angka 2. Ini berarti tiap frame diisi 2 foto atau dalam 1 detik sekitar 13 foto. Bisa juga diisi angka 1 dimana berarti butuh 25 foto dalam 1 detik. Kemudian seret semua foto kedalam timeline.

Membuat Stop Motion di Adobe Premiere Pro CC 1

  • Jika gerakan terlalu cepat atau lambat maka Anda bisa mengubahnya dengan cara sebagai berikut. Tekan huruf”B” di keyboard, maka cursor akan menjadi “Ripple Edit Tool”. Pilih semua foto yang akan dirubah dengan Ripple Edit, kemudian posisikan kursor di depan foto dan tarik ke kanan atau kiri untuk mengecilkan/membesarkan semua foto bersamaan. Semoga tidak bingung 😀

Membuat Stop Motion di Adobe Premiere Pro CC 2

Yang jelas membuat stop motion membutuhkan kesabaran ekstra, karena lebih rumit daripada merekam obyek menggunakan kamera video.

Semoga Bermanfaat

Advertisement

Internet

Agar Sources Browser di OBS Bisa Diklik

Published

on

Salah satu “Sources” yang ada di OBS adalah “Browser” dimana pengguna bisa menampilkan halaman web ke dalam OBS, misalnya saja menampilkan video Youtube, website dan lain sebagainya. Namun setelah alamat web dimasukkan dan tampilan muncul di OBS maka tampilan web tersebut tidak dapat diklik. Misalnya saja membuka video Youtube maka kursor tidak bisa dipakai untuk membuat video Youtube tersebut full screen. Berikut ini cara cepat agar sources browser di OBS bisa diklik. (lebih…)

Continue Reading

Video

Agar Suara OBS Terdengar di Speaker

Published

on

OBS (Open Broadcaster Software) adalah aplikasi open-source dan gratis yang digunakan untuk merekam dan melakukan streaming video atau audio secara langsung. OBS memungkinkan pengguna untuk merekam layar komputer, kamera web, serta mengintegrasikan sumber audio dan video lainnya ke dalam satu tampilan. Aplikasi ini sangat berguna bagi para content creator, gamer, atau siapa saja yang ingin berbagi informasi atau konten secara online. Berikut ini ada sedikit tips mengenai cara agar suara OBS terdengar di speaker. (lebih…)

Continue Reading

Video

Cara Cepat Menampilkan Kamera Ponsel Ke OBS

Published

on

Kamera ponsel telah menjadi fitur standar pada hampir semua ponsel modern saat ini. Namun, tidak semua orang menyadari bahwa kamera ponsel juga dapat digunakan sebagai kamera di OBS Studio. Ada banyak aplikasi yang tersedia untuk melakukan ini seperti DroidCam, Iriun, Ivcam, dan lainnya. Namun, ada satu opsi yang lebih praktis yaitu menggunakan vdo.ninja. Vdo.ninja adalah website yang memungkinkan kamu untuk memasukkan kamera ponselmu ke dalam OBS dengan mudah dan efisien. Caranya melalui browser dengan menggunakan sistem Peer-to-Peer. Berikut cara cepat menampilkan kamera ponsel ke OBS.

(lebih…)

Continue Reading