Ganti Baterai UPS

Tidak ada yang awet selamanya, begitu pula dengan barang elektronik seperti UPS. Setelah beberapa tahun atau bahkan beberapa bulan, biasanya baterai UPS mulai ngedrop. Cuma bisa tahan semenit atau kurang. Cara murah daripada membeli UPS baru adalah dengan mengganti baterainya.

  • Cara menggantinya sebagai berikut, mungkin akan berbeda tiap merk UPS- nya tapi pada dasarnya hampir sama. Kali ini saya akan membongkar UPS merk Prolink 600 watt.

ganti baterai UPS 1



  • Buka dahulu sekrup-sekrupnya. Biasanya ada di bagian bawah UPS. Setelah terbuka, silakan lepas kabel di baterai UPS.

ganti baterai UPS 2

  • Baterai yang digunakan dalam UPS yang saya bongkar adalah baterai 12V 8.2 AH. Pada dasarnya bisa diganti dengan semua baterai 12V. Untuk ampernya (AH) bisa sama atau lebih tinggi. Asalkan ukuran baterai muat di casingnya. Harga baterai sekitar 175rb keatas, tergantung dari merknya. Bisa dicari di toko aki atau toko komputer.

ganti baterai UPS 3



  • Setelah membeli baterai baru silakan pasang kembali. Colok kabel merah di bagian kanan yang ada tanda merah (+). Sedang kabel hitam di sebelah kiri (-).

ganti baterai UPS 4

Agar lebih tahan lama bisa juga diganti dengan aki mobil/truk. Tapi baterai tidak bisa masuk ke dalam casing, alias berada di luar. Namun saya belum pernah mencoba juga 😀

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

CAPTCHA

*