Tips Youtube Aman Untuk Anak

Apabila ingin menonton video, salah satu pilihan yang paling mudah dan lengkap adalah melalui Youtube. Di Youtube terdapat beragam video untuk berbagai usia. Dari video untuk dewasa sampai dengan animasi untuk anak-anak. Berikut ini ada sedikit tips agar anak tidak salah menonton video yang tidak sesuai usia mereka.

1. Aktifkan fitur “Mode terbatas” di Youtube. Dengan mengaktifkan fitur ini maka video yang berisikan konten tidak pantas akan disembunyikan.



  • Jika menggunakan versi website silakan scroll ke bagian bawah halaman depan Youtube. Pilih menu “Mode terbatas” – klik “Aktif” – “Simpan”.

mode terbatas youtube 1

  • Apabila memakai android silakan tekan icon titik tiga di kanan atas aplikasi Youtube –  kemudian pilih “Setelan” – “Umum” – aktifkan “Mode Terbatas”.

mode terbatas youtube 2



2. Buat playlist video yang cocok untuk anak atau bisa menggunakan playlist yang sudah dibuat orang lain.

  • Untuk membuat playlist, silakan klik  “+ Tambahkan ke” di bagian bawah video. Kemudian pilih “Buat daftar putar baru”.

playlist youtube 1

  • Di android silakan tekan layar saat memainkan video. Pilih menu + dibagian atas. Kemudian pilih “Buat daftar putar baru”.

playlist youtube 2

3. Download video Youtube yang diinginkan, kemudian mainkan di komputer atau ponsel. Cara untuk mendownload Youtube:

4. Misalnya orangtuanya suka nonton dangdut maka di halaman depan Youtube akan keluar rekomendasi lagu dangdut lainnya 😀 Oleh karena itu buatlah akun khusus agar rekomendasi yang keluar sesuai yang ditonton anak. Di android mendukung multi akun sehingga bisa menambah akun Google dan switch ke akun tersebut apabila akan digunakan.

5. Youtube sendiri sudah merilis aplikasi “Youtube Kids”. Namun sayangnya belum bisa digunakan di Indonesia. Ada beragam aplikasi lain yang mirip, jika ingin mencoba silakan cari di Google Play: Youtube Kids.

youtube kids

Paling penting tentu saja bimbingan orangtua. Orangtua harus mendampingi anak dalam menonton, sehingga yang dilihat anak lebih terkontrol. Meski sudah difilter kadang ada konten yang tidak layak tetap tampil atau kadang ada iklan yang tidak sesuai tiba-tiba muncul.

Semoga Bermanfaat

4 Comments

  1. Yohannes

Leave a Reply

CAPTCHA

*