Cara Membatasi Akses Anak di Google Play Store

Masa kecil adalah masa bahagia. Jaman tahun 90an dahulu paling senang main ding dong atau gamewach. Kalau anak jaman sekarang bisa lebih mudah lagi karena banyak game dan aplikasi yang bisa didapat dengan mudah lewat ponsel. Namun tidak semua game/aplikasi yang ada di ponsel baik untuk anak. Jika anak sudah bisa memainkan sendiri sebuah ponsel, bagaimana agar dia tidak mendownload aplikasi yang tidak sesuai dengan umurnya?

Tentu saja yang utama orang tua harus mendampingi anak saat bermain ponsel. Apabila anak suka memilih game sendiri, maka harus diperhatikan dan disarankan mana yang boleh dan mana yang tidak. Sedangkan dari segi teknis orangtua juga bisa membatasi game/aplikasi di Google Play Store dengan mengaktifkan fitur “Kontrol Orang Tua”.



Cara mengaktifkan fitur “Kontrol Orang Tua” di Google Play Store adalah sebagai berikut:

  • Buka Google Play kemudian tekan icon menu di kiri atas.

kontrol orang tua 1



  • Pilih “Setelan”.

kontrol orang tua 2

  • Pilih “Kontrol Orang Tua”.

kontrol orang tua 3

  • Aktifkan dengan menekan tombol di kanan atas.

kontrol orang tua 4

  • Masukkan pin agar setingan nanti tidak dapat diubah.

kontrol orang tua 5

  • Kemudian pilih tingkatan yang sesuai dengan umur anak Anda. Misalnya saja kalau masih balita bisa diset ke 3+.

kontrol orang tua 6

  • Maka game/aplikasi yang muncul di Google Play adalah yang mempunyai ketentuan untuk umur 3+. Game untuk umur diatasnya tidak akan tampil.

kontrol orang tua 7

Anak bermain ponsel tentu saja ada baiknya, namun harus ada batasan waktu dan konten biar tidak kecanduan dan mengganggu aktifitas lain. Padahal dulu pas kecil kalau main ding dong sampai lupa waktu 😀

Semoga Bermanfaat

4 Comments

Leave a Reply

CAPTCHA

*