Cara Merekam Suara dengan Audacity

Ade beragam software yang bisa digunakan untuk merekam suara dan salah satunya yang gratis adalah Audacity. Dengan software ini Anda bisa merekam suara narasi, petikan gitar dan sebagainya. Cara penggunaannya juga tidak begitu susah. Berikut ini cara merekam suara dengan Audacity.



Cara Merekam Suara dengan Audacity

audacity1

  • Silakan download Audacity di sini – Download. Pilih yang versi exe saja agar lebih mudah.
  • Agar file bisa disimpan menjadi mp3 silakan download Lame Mp3 EncoderDownload (scroll kebawah ada Lame_for_Windows.exe )
  • Silakan install Audacity dan juga Lame Mp3 Encorder.
  • Langkah pertama (lihat gambar diatas) adalah mensetting input Audacity. Jika ingin merekam dari microphone: Silakan tancapkan microphone di input microphone di pc/laptop Anda. Kemudian jalankan Audacity. Pilih MME atau Windows Direct Sound. Kemudian disamping kanan icon Mic silakan pilih Microphone. Jika ingin merekam suara dari speaker semisal ingin merekam suara dari Youtube dsb silakan pilih “Windows Wasapi”. Untuk merekam suara speaker selengkapnya ada disini – Rekam Suara Speaker dengan Audacity.
  • Setelah siap silakan klik tombol Record. Jika Selesai klik tombol Stop.
  • Untuk menyimpan:  File – Eksport – Pilih nama dan ektensinya semisal pilih sebagai wav atau mp3.

Agar kualitas suara bagus, gunakan juga microphone yang berkualitas. Atau bisa juga memakai headset yang ada mirophonennya. Biasanya kalau headset yang bermerek dan agak mahal maka kualitas audio yang dihasilkan lumayan bagus.



Selain itu Audacity juga bisa merekam audio dalam beberapa track, semisal rekaman pertama merekam gitar, kemudian baru merekam penyanyi. Caranya tinggal tekan tombol record kembali maka akan merekam di track baru dibawahnya.

Semoga Bermanfaat

48 Comments

  1. Aryadi
  2. Athauer M.
  3. bagus

Leave a Reply

*