Merekam Layar dengan BB Flashback Express

Ada banyak software yang menawarkan fitur untuk merekam layar laptop atau pc Anda menjadi sebuah video. Salah satu yang pas di hati saya adalah BB Flashback Express. Meski namanya berbau BB namun tidak ada hubungannya dengan Blackberry 😀 Software ini gratis dan dapat digunakan semisal untuk membuat tutorial, merekam demo website atau bisa juga untuk merekam tv online dsb.

  • Untuk mengunduh silakan menuju bbsoftware.co.uk. Meski gratis, software ini membutuhkan email untuk download dan register.
  • Setelah diinstal silakan buka “BB FlashBack Express Recorder”. Klik “Record Your Screen”.

bb flashback 1



  • Selanjutnya akan ada setting untuk merekam layar. Bagian “Record” bisa memilih Full Screen(Seluruh layar), Region( Bagian tertentu dari layar) atau Windows (Salah satu jendela). Anda bisa juga menambahkan narasi secara langsung dengan mencentang “Record Sound”. Bisa juga dengan menambahkan tampilan webcam.

bb flashback 2

  • Setelah semua setting siap, silakan klik tombol merah dan nanti di layar akan keluar hitungan mundur selama 3 detik sebelum merekam layar.

bb flashback 3



  • Semua yang ada dilayar akan direkam. Setelah selesai silakan tekan tombol : Control + Shift + S. Akan muncul menu untuk menyimpan atau batal menyimpan.

bb flashback 4

  • Setelah selesai menyimpan akan keluar pilihan untuk Open in Player atau eksport ke format video.

bb flashback 5

  • Untuk export ke format video ada 2 pilihan yaitu flash atau avi.

bb flashback 6

  • Bisa pilih sesuai selera Anda. Kalau saya lebih suka eksport ke avi karena ukuran filenya relatif kecil (ekport ke avi dengan codec xvid MPEG4 Codec). Sehingga tidak terlalu lama saat diupload ke Youtube

bb flashback 7

Salah satu sampel hasil capture BB FlashBack Express

Kelemahan versi gratis adalah tidak bisa zoom dan sarana editing di BB FlashBack Express Player sangat terbatas. Namun cukup lumayan buat bikin tutorial dan diupload ke Youtube.

Semoga Bermanfaat

2 Comments

Leave a Reply

CAPTCHA

*