Mengungkap Misteri Bersama Buku Enigma 2

Akhirnya selesai juga membaca buku Enigma 2. Sudah agak lama membeli buku ini, namun baru kesampaian baca karena banyak kesibukan. Buku Enigma 2 berkisah tentang berbagai misteri di dunia dan jawaban misteri tersebut. Jika Anda suka blogwalking ke blog misteri, tentu saja tidak asing dengan blog xfile-enigma. Penulis blog tersebut adalah penulis buku Enigma 2 dan juga Enigma 1. Namanya adalah Sam atau biasa dipanggil Bung E. enigma2

Ada 27 judul tulisan yang dibagi menjadi 5 bab. Pembahasannya antara lain tentang serbuan ufo ke Washington DC, rahasia area 51, batu bergerak Death Valley, Indonesia Atlantis yang hilang, jenglot, mermaid, fenomena hantu, piramida gunung padangΒ  dll. Tulisan di buku ini enak dibaca, dan jika Anda sering membaca blog Enigma maka gaya penulisannya juga sama yaitu menceritakan sebuah misteri dan kemudian menyajikan berbagai fakta tentang jawaban misteri tersebut.



Tapi tentu saja ada misteri yang belum terjawab. Salah satunya adalah “Wajah-Wajah Misterius dari Belmez”. Meski sudah pernah ditulis di blog Enigma, namun tetap saja bikin merinding kalau membaca lagi. Apalagi bacanya pas tengah malam πŸ˜€ Berikut ini kisah tersebut saya ringkas dari buku Enigma 2.

Kisah ini tentang penampakan wajah-wajah aneh di desa Belmez de la Moraleda, Spanyol. Bermula tanggal 23 Agustus 1971, Maria Gomez Camara sedang sibuk beraktifitas di rumahnya. Pada saat memasuki dapur, ia melihat sesuatu yang hampir saja membuatnya pingsan. Di lantai dapur terdapat lukisan wajah seoarang pria tergambar jelas. Ketika mendengar kabar tersebut, tetangganya jadi gempar dan berbondong melihat wajah tersebut.

caras-de-belmez

Karena banyak orang berdatangan, akhirnya keluarga Camara memutuskan sesuatu. Miguel, anak Maria membongkar lantai dapur tersebut dan menimpanya dengan semen, sehingga wajah tersebut hilang. Namun seminggu kemudian wajah tersebut muncul lagi ditempat yang sama..

Walikota Balmez kemudian meminta wajah tersebut dipelihara agar menarik wisatawan datang. Jadi figur wajah di lantai dapur dipotong dan dibingkai. Setelah lantai dipotong, sukarelawan menggali lebih dalam untuk mencari sesuatu yang bisa menjadi penyebabnya.

Di kedalaman 2,7 meter mereka menemukan sesuatu, yaitu tulang-belulang manusia. Penduduk semakin yakin bahwa kasus ini adalah paranormal activity. Tapi sebenarnya kabar ini tidak mengejutkan karena rumah Maria memang diatas tanah bekas kuburan.

Setelah tulang belulang dikuburkan, ketenangan Maria hanya sesaat saja. Dua minggu kemudian beragam wajah lain kembali muncul. Wajah misterius kadang bisa muncul dan menghilang tepat di hadapan para penonton.

Banyak peneliti dan juga paranormal percaya bahwa fenomena tersebut adalah rekayasa Maria. Namun tidak ada yang sanggup membuktikan bahwa wajah tersebut buatan Maria.

Pada Februari 2004, Maria meninggal di usia 85 tahun. Dan misteripun belum dapat dijelaskan. Menurut beberapa rumor, setelah Maria meninggal masih muncul lagi wajah-wajah misterius lainnya, diantara wajah tersebut ada wajah Maria Gomez Camara.

Itu dia kisahnya, entah rekayasa atau ada penyebab lain tapi lumayan serem, jangan-jangan nanti ada wajah muncul di lantai kamar :D.

Selain tulisan tersebut masih banyak tulisan menarik lainnya, baik tentang misteri yang sudah terjawab maupun misteri yang masih menjadi misteri. Buku Enigma 2 juga menyimpan teka-teki tersembunyi, namun saya belum menemukannya sampai sekarang πŸ˜€

Semoga Bermanfaat



9 Comments

  1. Wiwi

Leave a Reply

*