Baca Ebook Format DJVU di Android Dengan EBookDroid

Beberapa waktu lalu saya menemukan beberapa ebook nostalgia yaitu Lima Sekawan karya Enid Blyton. Buku ini pertama kali terbit tahun 1942, kalau cetakan bahasa Indonesianya tertera tahun 1978. Tapi saya tidak setua itu ya 😀 Jaman saya SD/SMP buku ini masih ada, bahkan sekarang juga masih dijual di toko buku.

Kalau mencari di internet, versi ebook (bajak laut) nya berformat DJVU. Kalau dibaca di pc memang tidak asik, oleh karena itu saya masukkan ke ponsel android dan menginstall aplikasi pembaca djvu yaitu EBookDroid. Aplikasi ini juga bisa membaca PDF, XPS dan sebagainya.



Saat pertama buka ternyata bentuknya seperti ini, 1 lembar berisi 2 halaman.

ebookdroid1



Tidak nyaman juga kalau harus zoom dan geser ke kanan kiri. Agar lebih nyaman maka setting dahulu tampilan EBookDroid. Caranya dengan geser layar ke kiri. Akan muncul menu Setting.

ebookdroid2

Kemudian masuk ke Book Settings. Centang bagian Day/Night, Split Page dan Crop Page. Day/Night agar background menjadi hitam, sehingga lebih enak dimata.

ebookdroid3

Agar layar tidak muter-muter saat dibaca sambil tiduran maka silakan masuk ke View Mode Setting. Centang bagian Force Potrait.

ebookdroid4

Tampilan textnya akan seperti ini.

ebookdroid6

Jika nanti keluar dan masuk kembali maka akan menuju halaman terakhir yang dibaca. Buku yang terakhir dibaca juga akan tertampil di lemari buku.

ebookdroid5

Sebenarnya ada banyak ebook jadul untuk bernostalgia seperti sapta siaga, deni manusia ikan, pak janggut, bahkan majalah bobo terbitan awal 😀 Tapi kalau mau yang versi buku seperti Lima Sekawan masih bisa dibeli di toko buku.

Semoga Bermanfaat

9 Comments

    • darmawan
  1. Lala
  2. bunda fafa
  3. uni

Leave a Reply

*