Connect with us

Linux

Simpan Sebagai PDF di Gnumeric

Published

on

Jika Anda menggunakan linux Lubuntu maka aplikasi office bawaan adalah Abiword dan Gnumeric. Abiword adalah Word dan Gnumeric adalah Excel. Jika ingin menyimpan file excel di Gnumeric ke format pdf tentu agak kebingungan karena tidak terdapat menu save to pdf. Bagaimanakah untuk menyimpannya.Tampilan Gnumeric seperti ini:

gnumeric

Untuk menyimpan ke pdf ternyata caranya cukup mudah:

gnumeric2

  • Dari File – Print
  • Kemudian pilih/klik Print To file
  • Untuk menentukan tempat penyimpanan klik File yang berada di bawah kotak.
  • Untuk format selain pdf bisa memilih disebelah kanan.
  • Setelah selesai klik Print

Maka file Gnumeric Anda akan tersimpan dalam format pdf di lokasi yang sudah ditentukan tadi. Kalau defaultnya akan tersimpan di folder home.

Susahnya memakai aplikasi yang berbeda adalah kadang tampilan agak berubah jika dibuka di aplikasi lain. Misal dibuat di Excel kemudian diedit di Gnumeric. Kemudian dibuka lagi di Excel kadang ada yang format berubah. Untungnya jarang pakai excel jadi tidak begitu masalah 😀

Semoga Bermanfaat

Advertisement

 

Linux

Ringannya OS Pixel dari Raspberry Pi di Laptop Tua

Published

on

Pixel adalah sistem operasi yang berjalan di hardware Raspberry Pi. Kini Pixel dapat digunakan di pc dan mac yang mendukung x86. Terutama di pc tua yang sudah tidak kuat lagi menggunakan sistem operasi modern. (lebih…)

Continue Reading

Linux

Mengatasi Layar Yang Sleep/Suspend Saat Memainkan Film di Lubuntu

Published

on

Apabila mempergunakan linux Lubuntu di laptop maka terdapat fitur yang memungkinkan Anda untuk mematikan layar/laptop setelah beberapa waktu tidak dipergunakan. Namun jika Anda memainkan film dengan player bawaan yaitu Gnome Mplayer maka layar tetap sleep/suspend saat menonton film. Jadi agak mengganggu semisal baru nonton 15 menit tapi layar tiba-tiba hitam/mati. (lebih…)

Continue Reading

Linux

Memperbesar Font di Pidgin Linux

Published

on

Beberapa minggu ini saya menginstall ulang pc dan laptop menggunakan linux yaitu Mint dan Lubuntu. Tujuan utamanya agar lebih cepat kinerjanya terutama buat komputer dengan spesifikasi agak jadul. Namun salah satu masalah yang muncul adalah teks di Pidgin terlalu kecil. Saya lebih senang dengan font yang agak besar, karena mata sudah tidak awas lagi 😀 (lebih…)

Continue Reading