Tips Menghapus Data Rahasia di Hardisk, Flashdisk, MMC dll

File di hardisk, flashdisk, mmc dan sejenisnya, meski sudah terhapus namun bisa direcovery (dikembalikan dan dibaca kembali). Sehingga semisal mau jual laptop atau ponsel beserta mmcnya maka sebaiknya data di wipe terlebih dahulu agar tidak direcovery oleh orang-orang iseng. Terutama jika ada data yang penting, rahasia atau foto/video yang uhuui dag dig dug syur 😀

Salah satu software wipe yang gratis dan gampang penggunannnya adalah dengan ccleaner. Selain bisa untuk bersih-bersih file dan registry, cclener dapat juga untuk menghapus file secara permanen sehingga susah untuk dikembalikan.



ccleaner1

CCleaner bisa diunduh disini – filehippo. Setelah itu install dan jalankan. Silakan klik bagian Tools – Drive Wiper. Disana terdapat beberapa pilihan:



  • Wipe: Free Space Only (hanya space yang kosong) atau Entire Drive (seluruh drive dan semua data akan dihapus).
  • Security: ada beragam pilihan dari 1x wipe sampai 35x. Tapi tentu saja semakin banyak wipe maka waktu yang dibutuhkan semakin lama.
  • Drive: pilih drive yang akan di wipe.

Setelah itu tinggal klik Wipe, maka ccleaner akan menghapus permanen dengan cara menimpali dengan file baru berkali-kali, kemudian dihapus lagi. Sehingga susah untuk direcovery.

Walau kecil, namun tidak tertutup juga kemungkinan file bisa dibaca kembali, karena teknologi juga semakin berkembang kedepannya. Paling aman tentu saja hardisk/flashdisk/mmc dipukul pakai palu sampai hancur berkeping2. Pasti teramat sangat susah direcovery 😀

Semoga Bermanfaat

12 Comments

  1. De2
  2. tian
    • aku wae
  3. marmoz
  4. pengembara
  5. Pahlawan Bertopeng

Leave a Reply

*