Menu

Menampilkan Start Menu di Windows 8

Salah satu fitur yang hilang dari Windows 8 adalah start menu di desktop. Di Windows 7 start menu ini mempunyai peran yang penting karena menampilkan list/daftar aplikasi serta dokumen yang baru saja dibuka. Bagaimana ya cara menampilkannya lagi?

Cara mudah untuk menampilkan list/daftar aplikasi di Windows 8 adalah dengan menekan tombol Win + Q. Namun jika ingin Start Menu dengan seluruh fiturnya maka harus menginstall aplikasi pihak ketiga. Berikut ini ada 2 aplikasi Start Menu yang cukup sip baik yg gratisan maupun berbayar.

start8

  • Yang gratisan ada Classic Shell. Bisa diunduh di classicshell.sourceforge.net . Anda bisa memilih tampilan start menu seperti Windows XP, Vista ataupun 7.
  • Sedangkan untuk yang berbayar, salah satu yang oke adalah Start8. Tampilannya bisa seperti metro ataupun bisa seperti Windows 7. Ini tampilan start menu seperti metro.
  • Kalau yang ini seperti start menu Windows 7. Start8 versi tidak full alias trial 30 hari bisa di download di stardock.com/products/start8.

Yang paling sip memang yang Start8 karena lengkap pengaturannya. Sayangnya memang harus berbayar. Nanti jika ketemu yang sip seperti ini akan saya tuliskan kembali.

Susahnya memakai aplikasi start menu adalah saat menekan tombol Win maka yang muncul adalah start menu dan tidak menuju ke metro. Atau jika dari sebuah aplikasi metro dan ingin keluar ke halaman depan metro malah terbawa ke desktop. Segala sesuatu memang ada lebih kurangnya sendiri-sendiri. Tergantung Anda cocok milih yang mana :D Kalau saya menampilkan start menu untuk memunculkan kembali recent document , biar lebih cepet cari dokumen yang terakhir dibuka.

Semoga Bermanfaat

14 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name*

Website