Sekilas Mencoba Google Drive


Saat pertama kali mencoba ternyata akun yang saya pergunakan belum siap, alias Google Drivenya belum tersedia. Namun pagi tadi mendapat email dari Google bahwa layanan penyimpanan online ini sudah bisa dipergunakan. Setiap pengguna akan mendapatkan secara cuma-cuma ruang sebesar 5 giga.

Google-Drive

Cara mempergunakan Google Drive juga sangat simpel, silakan menuju ke drive.google.com dan login dengan akun google Anda.



Saat pertama membuka saya kira masuk ke Google Docs, karena tampilannya sangat mirip. Di Google Drive Anda akan terlihat dokumen-dokumen yang pernah buat di Google Doc. Memang ternyata Drive merupakan transformasi dari Docs.

Untuk upload file caranya melalui icon disebelah kanan menu Create. Didepan mata tapi agak tersembunyi tombol uploadnya :D.

Selain itu terdapat software untuk mengakses Google Drive melalui Explorer di komputer. File yang ada di Drive akan dikopikan ke komputer Anda. Jadi kalau Anda utak atik di Explorer maka yang ada di Drive juga berubah. Dokumen Google Doc juga akan disinkronisasi ke dalam komputer, namun cuma link. Kalu ingin ubah-ubah akan masuk ke browser.

Sayangnya Google Drive belum menyediakan aplikasi mobile secara menyeluruh. Baru ada untuk Android saja. Sedangkan IOS baru akan tersedia waktu mendatang. Yang punya Symbian, Blackberry dan Windows Mobile masih harus gigit jari 😀

Semoga Bermanfaat



19 Comments

  1. marcell

Leave a Reply