Bikin Auto Text di Pidgin

Pidgin merupakan software chat untuk komputer dimana mendukung multi chat. Jadi bisa online banyak akun secara sekaligus. Salah satu fitur Pidgin adalah membuat autotext. Anda tinggal mengetikkan sebuah kata, maka kata tersebut akan berganti menjadi kalimat sesuai yang Anda inginkan. Fitur ini sangat bermanfaat jika Anda mempergunakan chat untuk berjualan, customer service, bikin emotion lucu dsb.



Jika belum punya Pidgin silakan mengunduh di

Untuk mempergunakan auto text caranya seperti ini:



  • Jalankan Pidgin. Dari menu Tools pilih Plugins.
  • Scroll kebawah dan cari Text Replacement. Centang kotak yang tersedia kemudian klik Configure Plugin.
  • Silakan masukkan sebuah kata unik di bagian You Type. Kemudian ketikkan kata pengganti dibagian You Send. Misalnya kata uniknya xselpag, kalimat penggantinya: Selamat pagi, ada yang bisa dibantu. Kemudian klik Add.
  • Saat berada di chat ketikkan kata: xselpag kemudian tekan spasi/enter, maka tulisan berubah menjadi Selamat pagi, ada yang bisa dibantu.

Kalimat di You Type sebaiknya kata yang unik karena jika kata biasa dikhawatirkan akan keliru. Saat dicoba pakai kurung semisal (pagi), autotextnya tidak jalan. Jadi ditambahi huruf saja, semisal jadi pagix, atau pagiz.

Contoh lainnya jika Anda menjadi CS dan ada yang tanya alamatnya dimana maka tinggal bikin auto text misal: almtx dan saat ada yang tanya tinggal ketik auto text tersebut. Sehingga tidak perlu copy paste ataupun ketik manual lagi.

Kalau buat pribadi bisa untuk kirim emotion lucu semisal bikin autotext: uhuit maka akan muncul (???) (´?`)/ (/???)/. Atau dansat ke ~(???~) ~(???)~ (~???)~.

Kalau saya biasanya pakai buat ngisi pulsa ke langganan. Semisal Bang Toyip mau beli pulsa, tinggal ketik di ym btoyipp. Ntar keluar nomor si Bang Toyip. Tinggal tambahi nominal berapa, jreng, pulsa masuk tanpa perlu susah-susah ketik nomornya.

Kelemahannya harus bikin dulu format autotextnya, ini yang kadang bikin males 😀

Semoga Bermanfaat

12 Comments

  1. Hana
  2. niZa

Leave a Reply

CAPTCHA

*