Bikin Foto Menjadi Video dengan Picasa


Saat lebaran kemarin tentu banyak jeprat jepret foto. Baik waktu mudik, bersilaturahmi ataupun berlibur ketempat wisata. Bagaimana caranya ya jika ingin ubah dari format foto ke video dengan tambahan backsound musik? Tapi softwarenya yang gratis, proses cepat dan gampang. Anda bisa menggunakan Picasa, sebuah software pengelola gambar besutan Google.

picasa

Jika belum punya softwarenya silakan unduh dari picasa.google.com.

Silakan kelompokkan dahulu foto yang ingin Anda jadikan video dalam sebuah folder. Kemudian jalankan Picasa. Pilih folder yang tadi dibuat dari daftar folder disebelah kiri. Kemudian klik Movie di menu kanan bawah.

Akan muncul setingan untuk membuat video.



  1. Untuk menambahkan lagu klik Load.
  2. Ini setingan untuk audionya, kalau bagusnya pilih yang Fit photos into audio (Foto akan sesuai dengan durasi audio)
  3. Setingan untuk transisi. Silakan pilih sesuai keinginan Anda. Ada setingan yang unik, yaitu efek Pan and Zoom – Face. Efeknya berupa zoom in/out dari wajah orang yang ada di dalam foto. Jadi otomatis mengenali posisi wajah. Tidak perlu susah-susah lagi bikin efek zoom ke wajah seseorang.
  4. Anda bisa memilih besarnya ukuran dimensi video. Selain itu jika ingin foto full dalam layar silakan centang Full Frame Photo Crop.
  5. Klik Create Movie. Atau jika ingin diupload langsung ke Youtube bisa klik tombol Youtube.

Video Anda akan diproses. Prosesnya akan terlihat di kotak kecil di kanan layar Anda. Biasanya video tersimpan di folder My Documents – My Pictures – Picasa – Movies. Formatnya adalah wmv, jika ingin diubah ke vcd/dvd maka Anda bisa memakai software seperti Nero vision atau converter (any video – total video dll).

Selain itu Anda bisa bikin banyak foto bertumpuk menjadi satu gambar dengan fitur Picture Collage. Fitur ini ada di menu Create. Silakan diutak atik sendiri. Cukup mengasikkan, terutama jika foto yang diolah adalah foto kekasih pujaan hati 😀

Semoga Bermanfaat



43 Comments

  1. anti
  2. anti
  3. Dwi

Leave a Reply