Foto Panorama Ektra Besar

Foto panorama adalah sebuah foto yang menampilkan sudut pengambilan gambar yang lebar. Final FA Cup antara Manchester City dan Stoke City pada tanggal 14 Mei 2011 juga diabadikan secara panorama. Ukurannya tidak tanggung-tanggung yaitu 10 gigapixel. Sehingga seluruh wajah penontonpun bisa terlihat dengan jelas.

wimble



Penonton dibawah papan score bisa terlihat dengan jelas meski foto diambil dari jauh. Sebenarnya foto ini diambil menggunakan kamera slr biasa namun hasil foto digabung-gabung sehingga didapatkan hasil yang sangat besar.

Jika Anda ingin melihat fotonya secara 360 derajat, bisa diputar2 dan dizoom silakan menuju wembley360.wembleystadium.com. Foto tersebut bisa ditag sama si empunya wajah jadinya ada nomor-nomornya. Untuk menghilangkan tag bisa klik menu di kanan bawah.



Pembuat panorama ini adalah Jeffrey Martin, dia meletakkan kamera dalam sebuah alat, dimana alat tersebut bisa secara otomatis berputar, menzoom dan mengambil gambar 360 derajat. Kemudian ribuan gambar dikirim dan diproses ke server bernama Fujitsu Technology Solutions Celsius R670 workstation yang mempunyai ram 192 gigabytes dan 24 prosesor.

Penggabungan gambar dilakukan secara otomatis. Kalau secara manual menatanya bisa menghabiskan waktu semingguan, namun ini hanya menghabiskan waktu 24 jam sejak foto diambil. Namun kelemahan panorama di obyek bergerak adalah ada gambar yang kepotong. Terutama di perpaduan/penyatuan antar gambar.

Selain final FA Cup di stadiun Wembley, Jeffrey Martin juga membuat panorama kota London sebesar 80 gigapixel dan perpustakaan Sstrahov Praha dalam 40 gigapixel.

Jika ingin mencoba membuat panorama sendiri dengan ponsel, Anda dapat menggunakan fitur bawaan ponsel (semisal di SE) atau aplikasi Panoman untuk symbian dan sebagainya. Tapi tentu saja tidak bisa sampai puluhan gigapixel.

Semoga Bermanfaat

7 Comments

  1. cenom
  2. didan
    • Darmawan

Leave a Reply

CAPTCHA

*