Menangkal Komentar Yang Terlarang di Blog

Komentar pembaca merupakan suatu hal yang tidak dapat dilepaskan dari sebuah blog. Tanpa komentar serasa makan bakso tanpa sambal. Serasa jalan2 sendiri tanpa ada yang menemani ๐Ÿ˜€

first blog



Akan tetapi kadangkala komentar yang masuk tidak menggunakan kalimat yang tidak biasa, alias kalimat kasar atau menyerang dengan berlebihan. Atau bahkan bombardir komentar alias spam.

Di WordPress.com untuk menanggulangi komentar spam terdapat fasilitas penangkal otomatis yang disebut akismet. Namun fitur ini tidak begitu bisa menyaring komentar dengan kata2 lokal yang tidak senonoh. Kemudian bagaimanakah untuk menangkalnya?



Anda bisa membuat sendiri daftar kalimat tak senonoh. Sehingga komentar yang terdapat kalimat tersebut akan dimoderasi terlebih dahulu atau dapat langsung dimasukkan dalam spam.

Untuk menggunakannya silakan masuk ke dashboard WordPress

  • Silakan masuk ke menu Discussion – Comment Moderation.
  • Silakan masukkan kata2 yang terlarang ke dalam kotak yang tersedia. Maka kata2 yang terdapat dalam kotak tersebut akan dimoderasi terlebih dahulu.
  • Apabila Anda ingin langsung memasukkannya dalam Spam silakan isi bagian yang Comment Blacklist.

Selain kata2 tidak senonoh dapat pula dimasukkan url, email ataupun alamat IP. Jadi bisa menangkal misalnya link iklan dan sejenisnya. Apabila bingung kata apa yang akan diisikan Anda bisa mendownload daftar kata2nya disini.

Semoga Bermanfaat

 

22 Comments

  1. wen
  2. Danny K.

Leave a Reply

*