Cara Kerja Pencurian Uang di Atm dengan Skimmer

Pekan ini salah satu berita yang lagi heboh adalah masalah pencurian uang melalui atm yang terjadi di beberapa bank di Bali. Alat yang digunakan untuk mencuri disinyalir adalah skimmer. Bagaimanakah bentuk dan cara kerjanya? Berikut ini ada foto dan penjelasannya supaya Anda bisa mengenali apakah mesin atm yang Anda pergunakan aman.

Skimmer merupakan alat yang ditaruh didepan slot untuk memasukkan kartu atm. Alat ini akan merekam/mengambil data kartu atm Anda. Coba lihat mesin atm dibawah ini, apakah ada yang aneh?



skimmer1

Mesin ini sudah dipasangi skimmer di bagian untuk memasukkan kartu atmnya. Bentuk alatnya beragam, antara lain seperti ini:



skimmer3

Gambar diatas sebelah kiri adalah alat asli dan kanan adalah skimmernya.

skimmer4

Foto diatas adalah cara memasangnya. Sehingga saat kartu dimasukkan alat ini akan menscan kartu Anda untuk diambil datanya. Dengan data tersebut maka atm akan bisa digandakan.

skimmer5

Sebelah kiri adalah mulut atm asli yang kanan adalah atm yang sudah dibajak.

skimmer6

Contoh alat lain yang bisa dipasang dengan mudah.

Selain itu para pencuri juga harus mengetahui pin atm Anda. Cara yang digunakan dengan memasang kamera pengintai mini atau bisa dengan menambah papan keyboard palsu diatas keyboard asli.

skimmer7

(1) Kamera pengintai dipasang diatas mesin atm (2) Bentuk alat pengintainya (3) Memakai pemancar untuk langsung mengirim gambar.

skimmer9

Bisa juga diletakkan di dalam kotak brosur.

Setelah mendapatkan data atm dan no pin maka pencuri membuat duplikat kartu atm  tersebut. Selain di mesin atm modus ini juga ada di mesin gesek kartu kredit. Sumber dari lifehacker.com.

Jadi berhati2lah saat mengambil atm. Berikut ini ada sedikit tipsnya:

  • Ambillah uang di atm yang ramai, misalnya yang dekat bank dan ada penjaganya. Serta dilihat2 kalau ada sesuatu yang aneh seperti diatas.
  • Tutupi dengan tangan saat memencet2 pin.
  • Sebaiknya gantilah pin secara berkala.
  • Jika menggunakan kartu kredit lihatlah yang dilakukan petugas, jangan sampai digesek ditempat lain selain mesin resmi.
  • Jika ternyata Anda kehilangan uang secara misterius, silahkan langsung melapor ke bank bersangkutan. Kalau memang pencurian maka dana nasabah akan diganti bank.

Hati2lah sebelum melakukan transaksi di atm atau dimanapun. Keamanan semakin canggih tapi orang yang ingin berbuat jahat juga semakin pandai.

Semoga Bermanfaat

61 Comments

  1. Ragenk
  2. Julianto Putra
  3. Yaredi laia
  4. Julianto Putra
  5. widi

Leave a Reply

*