Review Film: Star Trek 2009

Film Star Trek bercerita mengenai awal USS Enterprise, dimana tokoh-tokohnya masih muda. Kisah ini diawali dengan asal usul kelahiran James T. Kirk (Chris Pine) dimana ayahnya merupakan  pimpinan kapal USS Kelvin, yang berkorban menyelamatkan awak kapalnya dari serangan pesawat Romulan.

starttrexSelain itu dikisahkan juga mengenai sejarah Spock (Zachary Quinto), makhluk yang telinganya lancip, setengah manusia setengah Vulcan, dimana dia dikucilkan oleh bangsa Vulcan sendiri. Di dua tokoh tersebut film ini lebih banyak bertumpu.

James T. Kirk dan Spock kemudian bertemu di Starfleet Academy, dimana kedunya tidak saling cocok dan berselisih. Namun perselisihan itu tidak berlangsung lama karena mereka harus melawan serangan bangsa Romulan yang planetnya telah hancur.



Serangan ini dipimpin oleh Kapten Nero (Eric Bana), dimana dia menyalahkan Spock (Spock tua diperankan  Leonard Nimoy) atas kehancuran planetnya dan berusaha membalas dendam dengan cara kembali ke masa lalu dimana Spock masih muda dan USS Enterprise baru beroperasi.

Tokoh lain yang mengisi film berdurasi 127 menit ini antara lain Uhura (Zoe Saldana), Leonard McCoy (Karl Urban), Hikaru Sulu (John Choo), Pavel Chekov (Anton Yelchin), dan Montgomery Scott (Simon Pegg).

Film Star Trek digarap oleh J.J. Abrams, sutradara Mission Impossible 3 dan serial Lost.  J.J. Abrams menampilkan berbagai pemandangan masa depan dengan special effects yang menawan serta adegan pertempuran luar angkasa yang menegangkan. Penggunaan teknologi warp dan teleport (berpindah tempat dengan kecepatan cahaya) mewarnai berbagai adegan dalam film ini. Dimasa depan ternyata ponsel masih ada, karena si James T. Kirk pakai Nokia di mobilnya, ringtonenya jadul pula hehe.

Baca Juga: Review Singkat Star Trek Beyond

Efek lens flare (kilasan cahaya yag memantul kamera) sering sekali digunakan dipadukan dengan pengambilan gambar yang kadang bergoyang-goyang dan cepat. Alur cerita dalam Star Trek bergerak dinamis dan lebih mudah dipahami daripada sequel terdahulu. Walau demikian jangan melewatkan dialog agar bisa memahami isi cerita dengan baik. Kisahnya sederhana tapi tetap saja rumit kalau menurut saya :D.

Star Trek mulai tayang midnight pada tanggal 6 Juni 2009 dan regular mulai tanggal 9 Juni (Jakarta) sedangkan daerah lain menyusul. Film ini merupakan salah satu film yang patut ditonton dan menurut saya mendapatkan 3,5 bintang dari 5. Film lain yang patut ditunggu kehadirannya adalah Transformer 2 yang akan tayang sekitar tanggal 24 Juni mendatang.

Star Trek dan Transformer mengingatkan pada acara televisi jaman dulu. Jaman TVRI dan RCTI kalau tidak salah. Saat itu saya paling suka kartun Transformer, sedangkan Star Trek tidak begitu paham jalan ceritanya. Kemudian ada The-A-Team, Knight Rider, Hunter, Friday The 13th dan beranjak ke Baywatch 😀

Selamat menonton

 



36 Comments

  1. Mad
  2. rha rha
  3. david
  4. ER

Leave a Reply

*