Tujuh Belasan

Besok, 17 Agustus 2008, Indonesia kembali lagi berulang tahun. Tepatnya menginjak usia ke-63. Seperti tahun-tahun terdahulu, biasanya malam tanggal 16 diadakan acara tirakat. Sebenarnya apakah arti daripada tirakat itu sendiri?

proklamasi



Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) arti tirakat adalah:

ti·ra·kat v 1 menahan hawa nafsu (spt berpuasa, berpantang); 2 mengasingkan diri ke tempat yg sunyi (di gunung dsb). ti·ra·kat·an v melakukan tirakat



Jadi makna sebenarnya dari tirakat adalah instropeksi diri. Mengulas kembali keberhasilan dan kegagalan yang terjadi selama 63 tahun (atau mungkin kalau dalam jangka pendek adalah 1 tahun terakhir). Tidak hanya sekedar merenungi atau nostalgia masa lalu, tapi yang lebih penting adalah menyusun langkah nyata dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Indonesia yang sepenuhnya merdeka.

Arti merdeka menurut KBBI adalah:

mer·de·ka /merdéka/ a 1 bebas (dr perhambaan, penjajahan, dsb); berdiri sendiri: ; 2 tidak terkena atau lepas dr tuntutan: 3 tidak terikat, tidak bergantung kpd orang atau pihak tertentu; leluasa

Jadi sudahkan Indonesia merdeka?

Ada hal yang berbeda dalam malam tirakat tahun ini, yaitu pada lewat tengah malam nanti (17 Agustus 2008 ) akan ada gerhana bulan sebagian (bukan total). Gerhana bulan dapat diamati lebih dari 3 jam antara pukul 2.36-5.45 WIB dengan puncaknya pada pukul 4.10 WIB. Tapi tidak ada hubungannya juga ya hehe :D. Ada film dokumenter, bisa didownload/dilihat disini Download (Format Wmv – 17 Mega – 4shared)

Selamat ulang tahun Indonesia

 

35 Comments

  1. dyan
  2. aby
  3. Wawa

Leave a Reply

*